Tips Untuk Menyimpan dan Mengelola Backup File Web Hosting

Pada kenyataanya banyak web hosting yang saat ini menyediakan pelayanan backup otomatis secara berkala. Namun bagaimanapun juga mempunyai backup sendiri akan lebih bagus dan aman untuk anda. Bagaimanapun juga file anda adalah tanggung jawab anda sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyimpan dan mengelola file backup anda.[sociallocker] 1) buatlah full system backup “sebelum” dan “sesudah” setiap kali anda melakukan perubahan besar pada website anda, misalnya perubahan script, upgrade versi CMS, dll.

2) download hasil backup anda ke lokal komputer. tidak cukup jika anda hanya membackup di folder /home/ pada web hosting anda. download ke komputer/laptop anda juga. Sewaktu-waktu anda di suspend oleh web hosting anda bisa dengan mudah pindah ke hosting lain.

3) backup backup-an anda, buatlah backup dari backup yang pertama. yang pertama, burn file backup anda di DVD, kemudian simpan di laci. yang kedua, copy juga ke flash disk, dan yang ketiga simpan di hard disk komputer. setelah 6 bulan anda boleh men delete file backup yang berada di hard disk dan flash disk, dan anda masih punya backup yang ada di DVD yang anda simpan di laci.

4) backup database anda. jika website anda adalah sebuah forum atau blog yang sering mengalami update setiap hari, anda bisa membuat sebuah script yang akan secara otomatis membackup database dan mengirimkan filenya ke email setiap malam, gmail merupakan pilihan yang tepat untuk menyimpan backup database anda.

5) backup minimal 1x dalam seminggu.

Itulah tadi beberapa tips bagaimana mengelola file backup anda agar website anda selalu aman.[/sociallocker]

Add Comment Register



Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.