Solusi Tidak Bisa Login WordPress Karena Lupa Password wp-admin

Bagi sebagian webmaster kasus ini sering terjadi, tidak bisa login ke wordpress karena lupa password wp-admin. Ini sering terjadi bagi para webmaster yang punya banyak sekali website (100-1rb-an website) dengan password yang berbeda, bahkan kadang username dan email yang digunakan juga berbeda-beda untuk tiap website. Hal itu wajar, karena mereka tidak ingin kebobolan semua website jika password dan username pada salah satu website berhasil diambil alih oleh cracker (/hacker). Namunn tenang saja, selama anda masih punya akses ke cpanel hoting anda maka password anda masih bisa di recover. Berikut ini caranya.[sociallocker]

Jika Anda masih ingat username atau email yang anda gunakan

Jika kondisinya sekarang anda hanya lupa password saja, tetapi masih ingat dengan username atau email yang anda gunakan maka caranya cukup mudah. Anda bisa memanfaatkan menu reset password yang terdapat pada wordpress. caranya, silahkan login ke halaman login wordpress anda http://www.domainanda.com/wp-login.php
Selanjutnya pilih “lost your password?”, setelah itu silahkan masukkan username atau email yang anda gunakan sebagai akun wordpress tersebut (salah satu saja).
Kemudian “get new password”. Silahkan cek inbox email anda, wordpress akan mengirimkan sebuah link untuk membuat password baru.

Jika Anda lupa semuanya (username,email,password)

nah, ini yang berabe… bagaimana jika kita lupa semuanya mulai dari username, email dan password?
Tenang, selama anda masih bisa login ke akun cpanel anda maka hal ini bisa kita akali. Silahkan login ke akun cpanel anda.
1) masuk ke phpmyadmin.
2) Pilih database yang digunakan oleh website anda. anda bisa melihat nama database yang dipakai oleh website anda dengan membuka file wp-config.php, di situ akan ada db name (nama database) yang dipakai.
3) masuk ke tabel wp_users
4) Akan muncul daftar semua user pada wordpress anda.
5) klik “edit” pada user yang bersangkutan
6) cari “user_email”. nah, dibaris tersebut anda bisa melihat email yang dipakai, anda juga bisa merubah email tersebut. silahkan ganti emailnya jika anda ingin merubahnya, atau biarkan email yang lama.
7) karena kita sudah tahu alamat email yang kita gunakan untuk user wordpress maka langkah selanjutnya adalah reset password menggunakan fasilitas bawaan wordpress seperti pada cara sebelumnya.
Nah, dengan begitu anda sudah bisa login lagi ke wordpress anda. Jangan lupa diingat terus username dan password yang baru. kalau perlu untuk anda yang punya ratusan blog, silahkan di catat username,password dan email untuk masing-masing website. Tapi hati-hati menyimpan datanya, sebaiknya data password anda simpan di flashdisk saja. dan hanya gunakan flashdisk untuk menyimpan data-data tersebut jangan campur dengan data lain seperti software, dll yang rawan virus. Jangan gunakan flashdisk untuk hal lain, hanya gunakan saat anda lupa password saja. Lebih enaknya beli flashdisk yang ukuran kecil saja, 128 MB juga sudah cukup karena untuk menyimpan data password saja. Setelah semua data password tersimpan di flashdisk, masukkan flashdisk ke brankas dan kunci rapat-rapat.
Semoga membantu.
Jika bermonfaat mohon untuk menambahkan cendol +1 pada tombol g+ di bawah ini. Terima Kasih.[/sociallocker]
Add Comment Register



Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.