Bagaimana cara install dan seting squid sebagai HTTP proxy pada server VPS ubuntu/debian untuk browsing website yang di blokir

Berikut ini adalah tutorial bagaimana cara install & seting squid sebagai HTTP proxy pada server VPS ubuntu/debian untuk browsing website yang di blokir. Sebenarnya anda bisa saja menggunakan metode proxy lainnya seperti D switch pada SSH, web based proxy, VPN dan metode-metode lainnya. Namun dari hasil coba-coba, metode-metode tersebut sangat lambat dibanding jika menggunakan squid. Dengan squid hasilnya kecepatannya hampir sama jika tanpa proxy. Dan berikut ini adalah caranya:

proxy server

[sociallocker]

Yang anda butuhkan (System Requirements)

- Minimal 64 MB RAM VPS atau dedicated server
- Sistem operasi debian atau ubuntu terinstall pada server anda
- Nano text editor sudah terinstall di sistem operasi anda, atau bisa juga text editor lain jika anda menguasainya. untuk install nano gunakan perintah berikut ini: “apt-get install nano
 

Langkah-langkah instalasi squid pada ubuntu/debian

 
Jalankan perintah berikut ini melalui SSH

 
apt-get install squid
 
tunggu beberapa saat maka squid sudah terinstall di VPS anda. mudah bukan? hehe… ya mudah sekali, tapi belum selesai. Default instalasi squid hanya bisa dipakai di localhost, anda harus melakukan beberapa penyesuaian kecil terlebih dahulu.
 
File konfigurasi squid sangat besar jadi kita perlu text editor nano untuk mencari baris perintah yang perlu kita edit. buka file konfigurasi squid dengan nano menggunakan perintah berikut ini:
 
nano /etc/squid/squid.conf
 
text editor nano
 
Tambahkan 2 baris perintah berikut ini, anda bisa menambahkannya di bagian paling atas:
 
http_access allow all

http_access allow localnet
 
seting pada sisi server sudah selesai, sekarang anda bisa restart service squid anda dengan perintah berikut ini:
 
restart squid
 
Saya perjelas, artikel ini tidak akan menjelaskan bagaimana membuat server squid lebih secure seperti menambahkan ACL (access control list) untuk menghindari user lain menggunakan proxy anda. Tetapi 1000x akan lebih bagus daripada menggunakan php web based proxy untuk browsing website yang di blokir.
 
Setelah seting pada sisi server selesai kita masih perlu seting lagi pada sisi web browser kita. Berikut ini adalah seting pada web browser firefox (untuk web browser lain tinggal menyesuaikan saja).
 
pada firefox, silahkan masuk ke menu berikut ini Tools=>Options=>Advanced=>Network=>Settings=>Manual Proxy Configuration 
 
selanjutnya masukan ip address VPS anda yang mana squid terinstall di server tersebut. untuk port masukkan 3128. Kemudian contreng “Use this proxy server for all protocols“.
 
Selesai.
 
cukup mudah bukan? Di artikel selanjutnya kita akan bahas mengenai cara install cpanel di ubuntu dan bagaimana cara setting proxy di debian.
 

[/sociallocker]

Add Comment Register



Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.